Wednesday, February 12, 2014

SEGMENTASI USAHA BUDIDAYA IKAN LELE

Pada dadasarnya pengelompokan budidaya ikan lele ada 2, yakni pembenihan dan pembesaran. Pada masing masing segmen tersebut mempunyai pangsa pasar yang berbeda.

1. Usaha Pembenihan
      Usaha pembenihan adalah kegiatan yang menghasilkan benih dengan ukuran tertentu, misalnya ukur 3, ukur 4, ukur 5 dst dengan satuan cm dan penghitungan dilakukan dengan satuan / ekor misalnya 10 ribu ekor, 100 ribu ekor dst. Harga benih lele saat ini( januari-februari 2014) adalah Rp.80/ekor untuk ukur 3, Rp.105/ekor untuk ukur 4, dan Rp. 120/ekor untuk ukur 5, karena memang harga benih lele sedang naik. Hasil dari usaha pembenihan ini akan digunakan untuk usaha pembesaran.
2. Usaha Pembesaran
      Usaha pembesaran ini adalah kegiatan budidaya secara intensif yang betujuan untuk menjadikan lele dari stadium benih menjadi ukuran konsumsi. Biasanya ukuran konsumsi lele dalam negeri adalah 8-12 ekor/kg. Maksudnya, dalam 1 kg terdapat 8-12 ekor lele. Untuk lele yang melebihi standar berat tersebut biasanya dijual ke kolam pemancingan atau bisa juga dijadikan produk olahan seperti nugget lele, abon lele, kerupuk kulit atau tulang lele, bakso lele, dll.Bahkan, sekarang produk olahan lele sudah berkembang dan bisa disebut sebagai segmen usaha tersendiri.

Terima kasih :)
     

No comments:

Post a Comment