Sunday, February 9, 2014

IKAN LELE BANYAK YANG MATI?KENAPA?

Pertanyaan di aras adalah salah satu pertanyaan sederhana yang muncul dari para pembudidaya lele yg mengalami tingkat kematian pd ikan lele yang cukup tinggi, terutama pd pembudidaya pemula. Tapi, jawabnya tidak muadah sama sekali. Banyak faktor penyebabnya.
      Pertama, apakah ikan ini mati disaat awal tebar benih apa sudah menginjak usia panen?
Kalau ikan mati disaat awal tebar benih ke kolam, kemungkinan besar penyebabnya adalah ketidak siapan air kolam untuk diberi benih.Kalau ikan mati pada saat mau panen biasanya disebabkan karena pemberian pakan yg terlalu banyak sehingga, 1. Ikan lele bersifat rakus sehingga perutnya bisa melar dan sulit berenang dan ngambang di permukaan, ini menyebabkan ikan lele mudah terserang penyakit kulit semksal cacar 2. Perut ikan lele tidak bisa mentolerir mekarnya pakan didalam perut sehingga lele mati.  3. Konsentrat yg tidak habis dimakan ikan ataupun feses ikan yg terlalu banyak mengakibatkan kandungan amoniak dalam air tidak bisa ditolerir ikan.
    Terus gimana cara mengatasinya?
Banyak obat yang dijual dipasaran untuk hal ini,,,Anda bisa mencobanya..Tapi ada juga petani yg menggunakan garam sebagai obat, untuk yg satu ini Allahu aklam,,saya tidak tahuapakah manjur. Yang jelas,, saya pernah mengalami kematian lele yg seperti ini,,terussaya bertanya pada petani senior,,beliau menyarankan agar sya menguras bersih air kolam dan mengisi dengan air jernih yang baru dan jangan dikasih makan selama 2hari. Selama dua hari tersebut masih ada ikan yang mati tapi hanya sedikit... kemudian kembalj saya kasih makan. Alhamdulillah saya masih dikasih rejeki sampai panen... tapisedikit dan rugi pun tak banyak. Alahamdulillah masih panen. Suatu pembelajaran yang berharga. :) Kalau ada pertanyaan atau masukan silakan ditulis di coment? Semoga bermanfat. Terimakasih.

1 comment:

  1. Tunggu apa lagi, Segera daftar di Aslibandar.net dengan minimal deposit Rp 20.000.

    Dapatkan Bonus Rollingan Sebesar 0.5% Dan Bonus Double Referral 20% Hanya Di Aslibandar.net

    Kemenangan mudah di raih bermain di Aslibandar.net dan Jackpot jutaan rupiah siap menunggu anda setiap saat. !!! :)

    Buruan daftar dan rasakan sensasi kemenangan bersama Aslibandar.net sekarang juga. ^_^

    Untuk Info lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui :
    * Ym: Aslibandar_Cs
    * Phone: 855976375885
    * Fb: AsliBandar
    * Skype: AsliBandar
    * Whatsapp: 85569776588
    * BBM: 2B3C34F4

    ReplyDelete