Saturday, September 22, 2012

Jenis Ikan Lele

Di Indonesia banyak sekali akan jenis ikan lele itu sendiri, tapi kali ini kami hanya membahas tentang beberapa jenis ikan lele yang cukup terkenal di masyarakat. Berikut ini adalah ulasannya:

1. LELE LOKAL ( Clarias batrachus )
     Lele lokal biasanya sulit ditemui pada budidaya secara intensif karena pada dasarnya lele jenis ini relatif lebih kecil dibandingkan dengan jenis ikan lele lainnya sehingga kurang populer di kalangan para pembudidaya ikan lele. Lele jenis ikan terkadang masih bisa ditemukan oleh para  nelayan atau pemancing di sungai tapi hal itu cukup jarang terjadi. Ciri dari ikan jenis ini adalah; pertama, badannya cukup kecil (untuk lele umur 6-8 bulan kurang lebih hanya berbobot 200 gram) , patil (sirip dada/pectoral) beracun maksud beracun disini bukan berbisa seperti ular, dan memiliki rasa daging yang lebih gurih.
2. LELE DUMBO ( Clarias gariepinus )
     Lele Dumbo berasal dari Mozambique (Afrika), yang disilangkan dengan lele lokal Taiwan. Pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1984-1986 (Shohifullah,Panduan Lengkap Budidaya Lele,Yogyakarta:Bukulalela,2009). Lele jenis ini yang sekarang ini banyak dibudidayakan karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis lele yang lain. Contohnya, lele dumbo bisa menghasilkan sekitar 10 ribu telur dalam sekali memijah, pada usia sekitar 3 bulan lele dumbo sedah masuk dalam ukuran lele konsumsi( 7-10 ekor/kg), menurut beberapa literatur ikan jenis ini juga bisa mencapai bobot 2 sampai 3 kg tapi di arena kolam pemancingan kami sering menemukan lele yang berbobot lebih dari 3 kg.
3. LELE SANGKURIANG ( Clarias sp. )
     Lele jenis ini merupakan jenis lele yang merupakan hasil perbaikan kualitas Lele Dumbo melalui perbaikan genetika dengan jalan cross breeding. Lele Sangkuriang diproduksi oleh Balai Budidaya Air Tawar (BBAT)  Sukabumi. Shohifulllah dalam bukunya yang berjudul Panduan Lengkap Budidaya Lele mrngatakan bahwa lele sangkuriang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan lele dumbo seperti jumlah telur yang 33,33 % lebih tinggi, pertumbuhan 40% lebih cepat (tingkat pendederan) dan 10% lebih cepat pada tingkat pembesaran. Rasa lele sangkuriang kurang lebih sama dengan lele dumbo, tapi banyak yang berpendapat bahwa lele sangkuriang memiliki rasa yang lebih hambar.

Kami kira untuk sementara, cukup tiga jenis lele diatas yang kita bahas, meskipun masih ada jenis lele lain seperti Lele Phiton yang akan kami ulas pada kesempatan berikutnya.

Terima Kasih
     

No comments:

Post a Comment

Post a Comment